Kamis, 03 Januari 2013

Perbedaan Kata dan Kalimat

andrens

Perbedaan Kata dan Kalimat

Dengan memahami perbedaan “kata” dan “kalimat” secara umum dalam bahasa Indonesia, maka kemampuan kita untuk menyerap pelajaran-pelajaran bahasa inggris dipastikan akan meningkat tajam. Karena sebenarnya bahasa inggris yang baik itu dimulai dengan pengetahuan tatabahasa Indonesia yang baik pula. Dengan kata lain, seseorang yang mengerti tata bahasa Indonesia yang baik, akan sangat mudah menguasai bahasa inggris ini (jika dia mau tentunya). Tanpa memahai tatabahasa dan belajar langsung di lapangan, maka bahasa inggris kita tidak punya pondasi yang kuat dan seperti rumah yang tanpa pondasi kuat akan cepat roboh. Sedangkan bahasa inggris tanpa dasar-dasar yang kuat akan cepat sekali lupa. Coba saja.
Pengetahuan tentang tatabahasa seperti perbedaan antara kata dan kalimat ini akan sengat terasa ketika kita harus membolak-balik kata dalam bahasa inggris. Kapan kita harus membaliknya (misal: yellow book, bukan book yellow). Dan kapan tidak boleh di balik (misal: I understand, bukan understand I). Saya yakin banyak diantara kita yang dipusingkan oleh hal ini. Karena saya dulu pun mengalaminya. hehehe…
Ok, secara singkat akan saya coba terangkan berbedaannya sebagai berikut:
Apakah Kata itu?
Kata ya kata dong. Misalnya buku, angin, pelajaran, rumah baru, pergi, gadis cantik, dan sebagainya. Kata bisa hanya satu, bisa dua, bisa tiga, namun tetap mengandung satu kesatuan arti. Kata ini terdiri dari berbagai jenis: ada kata benda, kata sifat, kata kerja, kata gabung dan sebagainya, untuk jelasnya dapat anda baca dalam pelajaran lainnya di website ini.
Kalau 1 kata enak, langsung bisa kita bahasa inggriskan. Misalnya rumah adalah house. Kalau kata gabung berbeda. Kata gabung adalah 2 atau lebih kata yang digabung namun tetap menjadi satu kesatuan arti. Misalnya “rumah baru” adalah kata gabung. Yang seperti ini dalam bahsa Inggris harus dibalik, karena struktur bahasa inggris berbeda, yaitu menganut sistem MD (Menerangkan Diterangkan), sehingga “rumah baru” dalama bahasa inggris adalah “new house”.
Sedangkan Kalimat, adalah gabungan dari beberapa kata yang paling tidak terdiri dari Subject, Predikat dan Object (S+P+O). Berbeda dengan kata gabung yang hanya mengandung 1 bagian saja. Berikut contoh kalimat:
I love You (Aku Mencintai kamu).
Subjectnya adalah I, Predikatnya adalah Love, dan Objectnya adalah You.
Nah, dalam bahasa inggris, kalau kata gabung tadi harus dibalik, sedangkan kalimat tidak boleh dibalik, dibalik nanti malah jadi salah!.
Jadi, kalau kita sudah mengerti perbedaan antara kata dan kalimat, maka kita tidak akan pernah bingung lagi mana yang harus dibalik dan mana yang tidak. Dengan demikian semakin mudah dan cepat kita mempelajari bahasa inggris ini bukan?
Dengan mengerti lebih detail apa itu Suject, apa itu Predikat, apa itu Object, apa itu Kata Benda, apa itu kata sifat dan sebagainya maka kecepatan anda menyerap pelajaran bahasa inggris baik melalui website ini atau melalui berbagai sumber lainnya seperti buku pelajaran, kursus privat bahasa inggris, dsb. Jika anda memang berniat untuk benar-benar belajar semakin cepat dan mandiri, saran saya luangkan waktu Anda untuk mempelajari topik-topik tersebut. Ketika Anda faham rumusnya, rumus bahasa inggris, dan anda sering mempraktekkannya maka tidak lama kemudian bahasa inggris anda akan lancar, mengalir bagai air, seperti orang inggris ngomong inggris. Yakinlah.
Topik ini hanya membahas perbedaan mendasar antara kata dan kalimat saja, seperti telah saya jelaskan di atas. Topik yang lebih detail, contoh-contohnya yang berhubungan dengan kata dan kalimat akan dapat Anda temukan di bagian-bagian lain website ini pada bagian Belajar Bahasa Inggris Menu Utama yang terdapat pada bagian akhir setiap pelajaran.
Bisa anda sebutkan 5 contoh kata? dan Juga 2 Contoh Kalimat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar